Friday, June 6, 2014

Muba Juara Umum MTQ Sumatera Selatan

Sekayu, SMS - Tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke-26 tahun 2014, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), berhasil meraih gelar bergengsi sebagai Juara Umum dan berhak atas Piala Bergilir Gubernur Sumsel.
Penetapan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Sumsel ke-26, diketahui setelah Dewan Hakim yang diketuai KH Nawawi Dencik Al Hafidz membacakan Surat Keputusan Nomor: 04/DH/KEP/MTQ/PROV XXVI/2014, tentang Kafilah Kabupaten Musi Banyuasin yang menyertakan 50 Qori dan Qori’ah, berhasil menduduki posisi puncak dengan nilai 65. Sedangkan peringkat ke-dua di raih oleh para Kafilah Kota Palembang dengan nilai 57, kemudian peringkat ke-tiga ditempati oleh para Kafilah dari Kabupaten Muaraenim dengan nilai 52.
Ketua Panitia Pelaksana MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan ke-26 tahun 2014, Bupati Musi Banyuasin, H Pahri Azhari, mengatakan, bahwa cukup banyak kegiatan yang dilaksanakan pada ajang MTQ tingkat Provinsi. Untuk itu, H Fahri Azhari berharap, kiranya ajang MTQ dapat mewujudkan Provinsi Sumatera Selatan yang Beriman, mengingat kegiatan keagamaan merupakan momen yang sangat penting untuk membangun daerah. “ Namun demikian, pelaksanaan MTQ tidak akan pernah sukses tanpa adanya dukungan seluruh masyarakat, termasuk media massa yang sudah begitu gencar mempublikasikan sehingga MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan ke-26 di Kabupaten Musi Banyuasin dapat berjalan degan baik. Oleh karenanya, izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak,” ujar Bupati.
Sementara itu menurut Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Ihak Mekki, pada kesempatan yang sama, menyebutkan, bahwa pelaksanaan MTQ sangat banyak manfaatnya terutama dalam pembangunan mental dan spiritual, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan. Sebab dalam pelaksanaan MTQ bukan hanya sebatas memahami Al Quran dan ayat-ayatnya, tetapi lebih dari itu harus juga mengetahui isi dari kandungan Al Quran itu sendiri sebagai pedoman kehidupan sehari-hari. “ Oleh karenanya, harapan kita kepada para Qori dan Qori’ah yang mengikuti MTQ, kiranya dapat mendalami dan memahami makna dari isi Al Quran untuk kemudian memberikan pelajaran kepada orang-orang yang ada disekelilingnya, kata Ishak Mekki. “ Dalam suatu kompetisi MTQ, menang atau kalah bukan masalah, karena yang terpenting adalah pengembangan dan pendalaman terhadap kandugan Al Quran bisa terus dilakukan,” tambanya.
Sebagaimana diketahui, kepada para pemenang di ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan ke-26 tahun 2014, diberikan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp.3,5 juta, dan khusus untuk Juara Umum mendapatkan bonus dari Bupati Musi Banyuasin sebesar Rp.5 juta. Bagi para juara, nantinya akan mengikuti seleksi untuk dikirim mewakil Provinsi Sumatera Selatan di ajang MTQ tingkat Nasional yang akan dilakanakan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan ke-26 tahun 2014,  ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Ishak Mekki, bertempat di Gelanggang Remaja Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Pada acara penutupan yang berlangsung dengan meriah tetapi khidmat tersebut, panitia menampilkan berbagai kesenian yang sempat memukau para undangan,(red/sms)