Sunday, June 8, 2014

Anak Balita Meriahkan Lomba Paduan Suara

Indralaya, SMS - Ratusan anak-anak yang masih berusia di-Bawah Lima Tahun (Balita) yang berdatangan dari Enam Belas Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel), turut memeriahkan acara lomba Paduan Suara yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK, bertempat di gedung Serba Guna “Caram Seguguk’ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Ilir, Hj Fauziah Mawardi S Pd, pada acara tersebut, mengatakan, bahwa terselenggaranya lomba Paduan Suara berawal dari rasa keprihatinan penggerak PKK terhadap kurangnya kepedulian para pelajar terhadap lagu-lagu Nasional yang mimiliki makna penting. Manurutnya, mulai dari anak-anak hingga para remaja saat ini lebih hafal dengan lagu-lagu modern yang ditayangkan media elektronik. “ Kita betul-betu sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Rasa kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air di kalangan generasi muda sudah semakin berkurang,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Ogan Ilir, Hj Fauziah.
Ia menambahkan, saat ini juga sudah semakin jarang diadakan lomba lagu-lagu nasional, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. "Padahal, dengan adanya lomba tersebut bisa menumbuhkan kesadaran rasa nasionalisme untuk mencintai tanah air dalam jiwa anak sejak dini," katanya Hj Fauziah. Oleh karena itu, ia berharap agar guru-guru yang ada di Kabupaten Ogan Ilir dari semua tingkatan, dapat memberikan pemahaman akan arti nasionalisme terhadap para anak didiknya. Sementara Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir, HM Daud Hasyim, pada acara yang sama, mengatakan, kegiatan lomba Paduan Suara bertujuan untuk mengenalkan lagu-lagu nasional agar anak-anak bisa memiliki rasa cinta terhadap tanah air. "Kami memyambut baik dan mendukung prakarsa Tim Penggerak PKK yang mengadakan lomba ini. Mudah-mudahan lomba ini sangat bermanfaat," ujar Wabup, singkat.
Dari pantauan wartawan, sorak sorai anak-anak Balita yang berasal dari berbagai penjuru se-Kabupaten Ogan Ilir dan terdiri atas beberapa kelompok, memang benar-benar mewarnai acara lomba Paduan Suara yang digelar oleh tim penggerak PKK tersebut. Para Balita, sebagaimana layaknya anak-anak kecil, terlihat begitu ceria dengan kemeriahan yang mereka lihat dan rasakan. 
Selain lomba Paduan Suara untuk tingkat anak-anak, tim penggerak PKK yang diketuai oleh Hj Fauziah Mawardi, juga menyelenggarakan lomba Paduan Suara untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat se-Kabupaten Ogan Ilir, termasuk menyelenggarakan lomba ‘Senam’ dan lomba Cepat-Tepat’ bagi para Lanjut Usia (Lansia). “ Kegiatan ini, diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa Nasionalisme dan  Patriotisme baik di kalangan anak-anak dan remaja, para Lansia, termasuk seluruh warga masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir yang sangat kita cintai,” jelas Ketua tim pengerak PKK, Hj Fauziah Mawardi, disela-sela acara.(red/sms)