Monday, June 9, 2014

Ogan Ilir Terima Bantuan Gubernur Rp.24,1 Miliar

Indralaya, SMS - Setidaknya adan 277 Desa dan 14 Kelurahan di 16 Kecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel), menerima Bantuan Gubernur (Bangub) Sumatera Selatan sebesar Rp.24,1 miliar.
Bantuan Gubernur tersebut, diserahkan oleh Wakil Gubernur (Wagub), Sumatera Selatan Ishak Mekki, mewakili Gunernur Sumatera Selatan Ir H Alex Noerdin SH, di gedung ‘Caram Seguguk’, sebutan lain Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, baru-baru ini. Sedangkan besarnya bantuan bagi masing-masing Desa dan Kelurahan Rp.100 juta, dimana dananya akan ditransper langsung ke rekening Kepala Desa (Kades) dan Lurah. Menurut Wagub Ishak Mekki, dalam kesempatan penyerahan Bangub, mengatakan, bahwa bantuan diberikan bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk keperluan Desa atau Kelurahan yang penggunaannya disamping harus tepat sasaran juga harus dilaporkan, karena akan dimonitor oleh pihak Inspektorat baik tingkat Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Ogan Ilir. 
“ Secara keseluruhan, untuk tahun 2014 Bantuan Gubernur kepada seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Sumatera Selatan mencapai sebesar Rp.323 miliar, dengan rincian sebesar Rp.100 juta bagi setiap Desa atau Kelurahan,” ujar Ishak Mekki. Masih menurut Ishak Mekki, selain Bangub bagi Desa dan Kelurahan, bantuan juga diberikan kepada para Petugas P3N (Petugas Pembantu Pencatat Nikah, red) berupa 1 unit sepeda motor, dimana bantuan itu diperuntukan bagi seluruh P3N yang berada di bawah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Ilir.
 “ Bantuan diberikan untuk menunjang kelancaran bagi para P3N dalam menjalankan tugas-tugasnya melayani mesyarakat.  Ke dapan, kita berharap Anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan semakin besar, sehingga selain jumlah bantuannya bisa semakin meningkat, maka akan semakin banyak juga Tokoh Masyarakat, Pejuang, Tokoh Agama dan Ustazd yang bisa diberangkatkan menjadi peserta ibadah umrah gratis yang di biayai Pemrintah Provinsi,” jelas Ishak Mekki. Sementara Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir, HM Daud Hasyim, dalam kesempatan yang sana menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Gubernur Sumatera Selatan 
“ Alhamdulillah. Kita tentunya patut bersyukur mendapat Bantuan Gubernur sebesar Rp.24,1 miliar. Bantuan tersebut bias digunakan untuk kegiatan Karang Taruna, tambahan Penghasilan P3N, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), PKK dan lain sebagainya,” ujar Wakil Bupati, HM Daud Hayim. Ia menambahkan, bahwa untuk tahun 2014 Pemkab Ogan Ilir juga menggelontorkan bantuan bagi 241 Desa/Kelurahan, yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten dengan besaran Rp.75 juta untuk setiap Desa/Kelurahan. “ Bantuan bisa digunakan untuk pembangunan Sarana dan Prasanaran Pemerintah Desa, Perhubungan, Produski, Siskamling, Pembuatan TK, TPA, Siring, Jalan Desa, maupun BPD, yang kesemuanya bertjuan demi Kesejahteraan Masyarakat,” jelas Daud Hasyim.(red/sms)