Friday, June 13, 2014

PON Remaja, Kebangkitan Atlet Usia Muda

Palembang, SMS - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumatera Selatan (Sumsel), akan menjadikan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja tahun 2014 di Surabaya, Jawa Timur, pada Nopember mendatang sebagai kebangkitan Atket Usia Muda, menyusul kevakuman pembinaan Olahraga dalam beberapa tahun terakhir.
“ Kita akan bersungguh-sungguh menyiapkan tim untuk diturunkan di PON Remaja di Jawa Timur Nopember mendatang. Ini sudah menjadi suatu tekad PSSI Sumatera Selatan untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak muda di daerah ini, khususnya untuk bisa berprestasi sebagai pesepakbola,” kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengkprov) PSSI Sumatera Selatan, Rizal Abdullah,  kepada wartawan, baru-baru ini, di Palembang.
Rizal juga mengemukakan, sebagai langkah awal pihaknya sudah menggelar seleksi penjaringan Atlet di 15 Kabupaten/Kota se- Sumatera Selatan, dengan diikuti tidak kurang dari 1.267 orang peserta. Sedangkan tim Inti PON Remaja yang dibutuhkan sebnyak 20 orang, terdiri dari para atlet pesepakbola berusia antara 14 hingga 21 tahun, yang dalam waktu dekat akan mengikuti Pemusatan Latihan daerah dibawah bimbingan pelatih berpengalaman. “ Sementara ini sudah ada 60 orang atlet muda sepak bola yang tercatat sebagai calon tim PON Remaja. Ke depan, dari jumlah tersebut akan diciutkan lagi melalui proses seleksi, yang menurut rencana akan dilaksanakan dua kali sebelum akhirnya tim inti terbentuk,” ujarnya

Ke-60 pemain sepak bola muda hasil seleksi itu, terdiri dari 22 orang berusia antara 14 hingga 16 tahun, 14 orang berusia antara 17 hingga 19 tahun, dan 24 orang berusia 20-21 tahun. “ Para atlet yang terpilih itu, nantinya tidak hanya akan diproyeksikan ke PON Remaja, tetapi juga akan mewakili daerah pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Jawa Barat tahun 2016,” tambah Rizal..
Sementara itu, kemampuan pesepakbola muda asal Sumatera Selatan mulai diperhitungkan, menyusul sejumlah pemain menempati skuat inti klub Professional Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC). Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, mengatakan, para pesepakbola muda asal Sumatera Selatan layak masuk tim inti, karena memang sudah memiliki keterampilan yang tidak kalah baiknya dari atlet daerah lain.  Penampilan atlet muda asal Sumatera Selatan, yakni, Risky Ramadhan, Jeki Arisandi, Ikhsan Kurniawan (masuk dalam pelatnas Timnas U-19), dan Hapiv Ibrahim, semakin menunjukkan peningkatan seiring dengan seringnya mereka diturunkan dalam sejumlah pertandingan Liga Super Lique (ISL). 
Dilain pihak, sebagaimana diketahui, dalam rangka persiapan kegiatan PON Remaja I tahun 2014 di Jawa Timur, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan baru-baru ini sudah menggelar rapat dengan menghadirkan KONI Sumsel, BPKAD, Bappeda, Diknas, termasuk Pengprov dan 15 Pengurus Kabupaten/Kota berbagai Cabang Olahraga. Disepakati, Cabang Olahraga (Cabor) yang akan diikuti diantaranya adalah Atletik, Renang, Sepakbola, Panahan, Pencak Silat, Tenis Mja, Tenis Lapangan, Basket, Volli Pantai, Senam, Anggar, Loncat Indah, Meembak, Judo, dan Karate, dengan batasan suai atlet 12 hingga 16 tahun.(red/sms)